6 Tips Memilih Spesifikasi Laptop Untuk Mahasiswa/Pelajar

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Untuk Mahasiswa – Laptop yang bagus pasti diimpikan semua orang tidak terkecuali pelajar dan mahasiswa.

Tentu saja dibutuhkan biaya yang besar untuk membeli laptop yang bagus dengan spesifikasi yang mumpuni.

Spesifikasi laptop yang cocok untuk pelajar, beberapa sektornya adalah seperti dapur pacu yang unggul, prosessor dan RAM yang mumpuni, baterainya tahan lama, dan beberapa fitur unggulan lainnya.

Untuk memilih spesifikasi laptop yang cocok untuk mahasiswa atau pelajar kita perlu melihat dalam kebutuhan atau penggunaan perangkat ini.

Jika digunakan untuk menjalankan program/aplikasi yang cukup berat dan membutuhkan spesifikasi laptop yang unggul, tentu kamu harus mengeluarkan budget yang berbeda dengan spesifikasi yang ditawarkan dari laptop yang standart.

Namun jika hanya sebatas untuk menjalankan aplikasi yang ringan seperti mengetik tugas untuk membuat proposal, ataupun menjalankan aplikasi ringan yang membutuhkan spesifikasi yang standart.

Tentu bagi kamu yang ingin membeli laptop sebaiknya selektif dalam memilih laptop yang bagus untuk mahasiswa, mulai dari teknologi atau fitur yang ada hingga harga laptop yang ditawarkan oleh vendor tertentu.

Cara Memilih Spesifikasi Laptop Untuk Mahasiswa

Ada beberapa sektor spesifikasi yang perlu kamu perhatikan, dan saya ingatkan kembali bahwa; jika kamu ingin membeli laptop untuk melihat keperluan apa saja yang akan kamu gunakan dilaptop tersebut.

Karena ini akan menjadi pertimbangan nantinya dalam memilih spesifikasi laptop yang bagus untuk mahasiswa ataupun pelajar.

1. Processor dan RAM

Prosessor dan RAM - Tips Memilih Spesifikasi Laptop Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Prosessor dan RAM – Tips Memilih Spesifikasi Laptop Untuk Mahasiswa dan Pelajar | Canva

Laptop dengan processor dual-core sudah menjadi hal yang standart serta memiliki RAM 2GB saja sudah terlalu bagus untuk seorang pelajar ataupun mahasiswa.

Umumnya prosesor standart akan stabil dalam menjalankan aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Office, browsing internet, dan sejenisnya.

Namun jika seandainya kamu memerlukan spesifikasi laptop untuk mahasiswa yang tinggi tentu harus merogoh kocek yang cukup dalam lagi.

2. Kapasitas Baterai Besar

Baterai - Tips Memilih Spesifikasi Laptop yang Cocok Untuk Mahasiswa

Baterai – Tips Memilih Spesifikasi Laptop yang Cocok Untuk Mahasiswa | Canva

Kapasitas baterai yang besar sudah menjadi sebagai acuan untuk kamu dalam memilih spesifikasi laptop untuk mahasiswa ataupun pelajar.

Sebaiknya kamu memilih baterai diatas 4000 mAh dengan daya tahan baterai lebih kurang hingga 4 jam.

Sebab jika kamu memilih kapastitas baterai yang kecil tentu akan tidak akan terlalu membuat efektif dalam aktifikatas yang kamu jalani ketika menggunakan laptop.

3. Ukuran

Ukuran - Tips Memilih Spesifikasi Laptop yang Bagus Untuk Mahasiswa

Ukuran – Tips Memilih Spesifikasi Laptop yang Bagus Untuk Mahasiswa | Canva

Selain yang sudah disebutkan beberapa poin diatas, ukuran layar juga tentu menjadi pertimbangan. Ukuran layar laptop yang kami rekomendasikan sebaiknya sekitar 14 inci. Layar biasanya juga disematkan chip untuk menunjang performa video grafis laptop.

Namun, jika laptop yang kamu pilih memiliki spesfikasi standart, maka biasanya chip video grafiknya adalah Intel HD dengan memori 1 GB, tentunya dengan chip grafis seperti ini sudah cukup menjalankan aplikasi yang standart.

Kamu juga memperhatikan ukuran layar laptop yang akan kamu beli, sebaiknya jangan terlalu lebar sampai-sampai tidak muat disimpan ditas yang biasa kamu gunakan hehee…

4. Konektivitas

konektivitas - Tips Memilih Spesifikasi Laptop Untuk Pelajar

konektivitas – Tips Memilih Spesifikasi Laptop Untuk Pelajar | Canva

Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih spesifikasi laptop untuk mahasiswa ataupun pelajar, yaitu dari fitur konektivitasnya.

Saat ini port USB 3.0 sudah banyak kita temukan terpasang di laptop-laptop yang ada dipasaran, namun ada juga laptop yang menyandingkan port tipe 3.0 dengan 2.0.

Tentu yang membedakan keduanya adalah kecepatan transfer data dan bukanlah hal yang buruk jika seaindainya laptop yang kamu pilih hanya menggunakan USB tipe 2.0, ini pun juga sudah bagus.

Konektivitas pendukung lainnya seperti adanya Wireless, port LAN, audio dan seterusnya.

Baca Juga: WiFi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet? Ini Cara Perbaikinya!

5. Berat Laptop

Berat Laptop - Tips Memilih Spesifikasi Laptop Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Berat Laptop – Tips Memilih Spesifikasi Laptop Untuk Mahasiswa dan Pelajar | Canva

Sebagai seorang pelajar tentunya kita juga membawa buku dan kebutuhan sekolah lainnya sebagai alat untuk belajar.

Kebutuhan sekolah tersebut pasti memiliki berat yang lumayan besar, bagaimana bila di tambah laptop? tentu akan menambah berat beban yang ada ditas menjadi sangat besar.

Berat laptop yang bisa kamu pilih sebaiknya sekitar 2,4 kg ataupun tidak terlalu jauh dari itu. Berat beban laptop ini terkadang berkaitan pula dengan ukuran laptop yang ada pada poin ketiga diatas.

Namun tidak menutup kemungkinan beberapa vendor saat ini juga menghadirkan ukuran laptop 14 inci dengan beban yang sangan ringan dari laptop yang ada pada umumnya.

6. Adanya CD-Room

Salah satu yang tak kalah pentingnya dalam memilih spesifikasi laptop yang bagus untuk masiswa adalah adanya CD room. Selain fungsi CD room untuk membaca data yang ada pada CD/DVD, dengan adanya pendukung ini kita juga bisa membakar atau burning data ke CD/DVD.

Kebutuhan apa-apa saja yang akan kita jalankan saat menggunakan laptop hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah spesifikasi laptop yang digunakan.

Jika kebutuhannya adalah untuk editing video grafik, membuat animasi ilustrator, autocad, dan sejenisnya, maka diperlukan spesifikasi laptop yang tinggi dengan harga yang cukup mahal dari laptop standart.

Pertimbangan lainnya yang perlu kamu ketahui ketika memilih spesifikas laptop untuk mahasiswa ataupun pelajar, pastinya akan kamu gunakan dalam jangka panjang.

Jika budget kamu cukup banyak, maka sebaiknya memilih spesifikasi yang mumpuni, agar kedepannya bisa kamu gunakan untuk hal-hal lainnya, seperti bekerja yang memerlukan laptop dengan spesifikasi tinggi.

Itulah beberapa tips memilih spesfikasi laptop untuk mahasiswa dengan harga murah (standart). Rekomendasi laptop untuk mahasiswa ini bisa menjadi referensi untuk kamu dalam membeli laptop.